Kolaborasi ILUMNI FH Unpar-IKA FE Unpar Hadirkan Konsultasi Hukum Gratis

ilumnifhunpar.com – Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (ILUMNI FH Unpar) dan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (IKA FE Unpar) bekerja sama menghadirkan “Pojok Konsultasi Hukum Gratis”. Pojok Konsultasi Hukum Gratis ini menyasar masyarakat umum dan khususnya untuk kalangan alumni Unpar.

“Terkait kerja sama yang dilakukan, kami mencoba buat kerja sama lintas fakultas di lingkungan Unpar. Kita buat dengan IKA FE Unpar, gayung bersambut dari IKA FE Unpar sependapat melihat ini (menghadirkan konsultasi hukum gratis) juga penting,” terang Ketua ILUMNI FH Unpar, Dr. Samuel MP Hutabarat ketika dikonfirmasi Hukumonline, Jum’at (18/8/2023).

Atas kesamaan pandangan itu, kata Samuel, ILUMNI FH Unpar bersama IKA FE Unpar menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dalam rangka bekerja sama untuk Pojok Konsultasi Hukum Gratis. Pojok konsultasi ini hadir setiap hari Rabu pukul 14.00 sampai dengan 17.00 WIB bertempat di Ali Joy Coffee Jl. Nanas 12, Bandung.

Para konsultan hukum berasal dari LBH ILUMNI FH Unpar yang merupakan salah satu unit kegiatan di ILUMNI FH Unpar. “LBH ILUMNI FH Unpar ini konteksnya untuk membantu masyarakat umum dalam hal memberi jasa bantuan hukum,” kata dia.

Ia menerangkan Pojok Konsultasi Hukum Gratis ini dilaksanakan satu kali dalam seminggu. Namun, ke depan akan dipantau perkembangannya sesuai kebutuhan masyarakat. Untuk diketahui, pada hari perdana, Rabu (16/8/2023) kemarin, Pojok Konsultasi Hukum Gratis ini beroperasi telah disambangi sejumlah masyarakat untuk berkonsultasi mengenai masalah hukum yang dihadapi.

“Per 6 bulan ini akan dilihat, apakah di 1 kali dalam 1 minggu atau kita perlu tambahkan lagi? Sudah banyak yang tanya. Sejauh ini kita welcome dan mencoba memberi pemahaman tentang hukum. Ada tempatnya kita sediakan, setiap minggu ada tim kita di sana.”

Terkait layanan konsultasi hukum yang diberikan tidak dipungut biaya dan terbuka untuk semua lingkup hukum. Mulai masalah hukum keluarga, hukum pidana, dan lain-lain. “Intinya, tidak hanya terbatas pada permasalahan mengenai hukum bisnis atau lingkup hukum tertentu saja,” kata Samuel.

Menurut Samuel, pelaksanaan program ini selaras dengan konsep yang dianut ILUMNI FH Unpar. Ialah bermanfaat dengan tagline “ILUMNI FH Unpar untuk Almamater, ILUMNI FH Unpar untuk Alumni, ILUMNI FH Unpar untuk Bangsa”. Pojok Konsultasi Hukum Gratis ini merupakan salah satu kontribusi dalam rangka ILUMNI FH Unpar untuk bangsa.

“Inilah kita beri sedikit apa yang bisa kita kontribusi kepada bangsa untuk masyarakat umum. Harapannya ke depan, kami bisa memberi kontribusi lebih lagi. Sehingga masyarakat merasakan manfaat dari kehadiran kami, ILUMNI FH Unpar maupun LBH FH Unpar,” ungkapnya.

Jajaran pengurus Ikatan Alumni FE Unpar dan ILUMNI FH Unpar usai penandatangan Nota Kesepahaman.

Ia menegaskan ILUMNI FH Unpar senantiasa membuka diri untuk berbagai kerja sama. Seperti beberapa waktu lalu telah terdapat sejumlah Ikatan Alumni Fakultas lainnya dari Universitas Katolik Parahyangan yang menyatakan ketertarikannya untuk menjajaki kerja sama.

“Kami terbuka untuk beberapa kerja sama. Contoh di Hukumonline kan ILUMNI-nya kita sudah kerja sama konsultasi juga di Klinik Hukum. Kalau ada unit lain mau kerja sama dengan kita, kita sih dengan senang hati ya. Saya ucapkan terima kasih untuk Hukumonline, kita ILUMNI FH Unpar sangat dibantu. Semoga semakin solid kerja sama kita,” harapnya.

Sumber berita : hukumonline.com

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts